Mengatasi Google Chrome yang bermasalah


Siapa yang tidak kenal dengan Google Chrome ? Saya rasa hampir semua pengguna internet mengenalnya. Karena saat ini aplikasi chrome ini pada umumnya sudah terinstall baik di Komputer, mapun smartphone. Namun jika anda sering menggunakan chrome, kadang mengalami masalah seperti lambatnya untuk membuka alamat url yang anda masukan ke dalam adrress bar di chrome anda. Dengan keadaan ini, pada umumnya pengguna komputer atau smartphone akan menginstall program / aplikasi utility untuk melakukan mengatur / setting perangkatnya agar cepat. Walaupun hal ini sah-sah saja dalam melakukan hal tersebut, namun bagi yang kurang memahaminya adalah akan menimbulkan masalah baru khusunya bagi pengguna smartphone.

Mari kita pahami arti "akan menimbulkan masalah baru bagi pengguna smartphone". Jika anda menginstall aplikasi utility, apakah anda melakukan hal-hal berikut ?
1. Melihat komentar terlebih dahulu sebelum menginstall aplikasi
2. Menghitung kapasitas aplikasi dengan ruang penyimpanan yang tersisa
3. Mengandung iklan dan bersifat trial atau tidak
4. Melihat referensi dari aplikasi / program yang akan di install
Jika ketiga hal tersebut telah anda lakukan dan bernilai positif, maka anda bisa memutuskan untuk menginstall aplikasi / program tersebut.

Sebenarnya masalah google chrome yang lambat terbuka ini disebabkan oleh beberapa faktor :
1. Lambatnya koneksi
2. Anda berada pada jaringan komputer yang mengandung virus.
Hal ini disebabkan karena salah satu komputer yang berada di dalam jaringan tersebut terinfeksi virus
3. Anda mengaktifkan google update.
Walaupun hal ini direkomendasikan bagi google, namun secara akselerasi komputer yang anda gunakan justru akan memperlambat. Kecuali anda memiliki kapasiras memori yang besar.
4. Adanya ekstensi / plugin yang terinstall di google chrome.

Lalu bagaimana cara mengatasi masalah chrome yang lambat / tidak dapat membuka halaman website ?

Beberapa langkah untuk mengatasi google chrome yang bermasalah :

1. Jika anda menggunakan perangkat :
a. Komputer : Gunakan Disk Cleanup bawaan dari windows
b. Smartphone : Masuk ke bagian memory / penyimpanan dan lakukan clear cache
Setelah anda melakukan disk cleanup pada perangkat komputer, anda juga dapat membersihkan file temporary yang sudah tidak terpakai secara manual. Adapun caranya adalah dengan membuka program run / ketik logo windows + R pada keyboard anda, lalu ketik %temp%. Maka explorer akan membuka ke dalam folder temp, dimana anda dapat menghapus semua file di dalamnya. Dalam melakukan langkah ini, sebaiknya tutup program windows anda agar windows tidak membuat file temporary.
2. Buka chrome dan lakukan clear historis / data browsing dengan pilihan rentan waktu mulai dari awal.
Langkah ini maka akan membersihkan cookies yang tersimpan, dimana didalamnya kadang berpotensi mengandung virus.
3. Anda dapat menggunakan program CCleaner jika anda mengalami kendala pada langkah pertama.
4. Uninstall ekstensi yang tidak perlu.
5. Gunakan mode penyamaran / incognito saat browsing website.
6. Anda dapat menginstall AdwCleaner sebagai langkah untuk cek apakah komputer anda terinfeksi virus malware.

Jika kelima langkah tersebut telah anda lakukan dan tetap mengalami kendala, coba anda gunakan browser lain seperti firefox. Dan jika anda tidak memilikinya anda dapat mengunduh firefox pada website resminya. Setelah anda melakukan install dan ternyata saat anda menggunakan firefox tidak ditemukan masalah, berarti anda harus menguninstall Chrome dari perangkat komputer anda. Dan saat anda menguninstallnya, jangan lupa untuk membersihkan profile google chrome pada windows anda. Karena hal ini penting dilakukan agar saat anda menginstall chrome yang baru, profil anda benar-benar bersih dari sebelumnya.
Jika ada pernah mendapatkan pengalaman yang sama dan memiliki solusi lain, silahkan untuk dapat bernbagi pengalaman dengan cara meninggalkan pada kolom komentar, Terima Kasih
Post a Comment (0)
Previous Post Next Post