Cara atasi not enough resources

Masalah yang terjadi pada setiap system / aplikasi pada windows banyak jenisnya. Pada umumnya ditandai dengan notifikasi berupa error dengan kombinasi angka dan huruf. 
Tetapi ada salah satu trouble yang terjadi dengan notifikasi Microsoft Excel not enough system resources to display completely

Secara arti mungkin kita akan menduga masalah tersebut disebabkan karena Graphic Adapter, tetapi sebenarnya bukan itu masalahnya. Hal ini terjadi biasanya pada kasus suatu aplikasi yang sering digunakan secara berkala, sehingga menyebabkan file temporary / folder temp penuh.

Berikut salah satu notifikasi yang dikirimkan pada salah satu group FB yang saya ikuti.

mengatasi not enough resources to. display completely


Pada gambar tersebut masalah terjadi pada Microsoft Excel. Berdasarkan pengalaman yang saya alami, Microsoft Office sepertinya bukanlah program yang memerlukan kinerja komputer yang mumpuni. Namun pada kenyataannya Microsoft Excel dipengaruhi oleh memory dan system yang sehat.  Hal ini dibuktikan dengan user yang memiliki spesifikasi komputer i7 dengan RAM 8GB tetap mengalami hal tersebut.

Penyebab not enough resources to display completely :

1.  File Microsoft Excel menggunakan banyak rumus, warna, banyak link yang aktif dan terdapat banyak recovery files yang masih tersisa.

2.  Performance Harddisk yang mencapai angka 100%. Sedangkan seharusnya tidak melebihi angka 60% untuk kinerja yang baik. Untuk mengetahuinya, kita dapat melihat di task manager.

3.  Adanya aplikasi yang berjalan dibelakang layar. Hal ini juga dapat dilihat di task manager pada bagian process. Jika hal ini terjadi, sebaiknya pahami file / aplikasi yang menggunakan memory besar tersebut. Bila perlu, lakukan sortir untuk aplikasi start up. Karena ini bisa menjadi salah satu penyebabnya.

4.  Seperti pada paragraf awal sebelumnya yang saya katakan tentang swap file / penuhnya file temp yang ada juga dapat mengakibatkan hal tersebut. Solusinya anda harus menjaga agar tidak terjadi penuhnya folder temp tersebut. 

Dan bila ke empat penyebab tersebut telah diamati dan diselesaikan, namun tetap mendapatkan notifikasi tersebut.

Cara mengatasi not enough resources to display completely
 
1. coba anda scan system anda dengan antivirus jenis malware, trojan. Saya biasanya menggunakan Malwarebytes, sebagai salah satu alternatifnya. Karena memiliki kapasitas yang tidak terlalu besar.

2.  Jika OS anda 64bit, ganti Microsoft Office anda dengan 64bit juga. Cara ini adalah sebagai penyelesaian jika anda bekerja dengan banyak formula di dalamnya.

3.  Ganti dengan RAM yang lain. Artinya, anda bisa mencoba dengan RAM milik teman yang sama spesifikasinya. Hal ini untuk membuktikan apakah RAM yang terpasang bermasalah.
Post a Comment (0)
Previous Post Next Post