Bagaimana Membuka password router Wifi

Istilah Wifi adalah sebuah teknologi yang memanfaatkan peralatan elektronik untuk bertukar data secara nirkabel (menggunakan gelombang radio) melalui sebuah jaringan komputer, termasuk koneksi Internet berkecepatan tinggi. Sedangkan Hotspot adalah area bersinyal (bahasa Inggris: Hotspot) merujuk pada tempat-tempat tertentu (biasanya tempat umum) yang memiliki layanan internet dengan menggunakan teknologi LAN nirkabel. Kedua istilah Wifi dan Hotspot tersebut saya kutip dari Wikipedia.


Lalu jika ada istilah atau suatu pertanyaan atau pernyataan bagaimana caranya saya mengakses wifi ? Menurut saya pertanyaan tersebut jika diartikan untuk mengakses layanan data agar dapat terkoneksi, maka yang benar adalah bagaimana caranya saya mengakses hotspot?

Untuk mendapatkan akses hotspot dalam suatu wilayah / area tertentu, perangkat anda harus mendukung teknologi nirkabel atau sering dikenal dengan istilah Wifi.
Jika merujuk pada judul artikel yang sering tampil di beberapa forum : bagaimana cara membuka wifi ? Dari pertanyaan tersebut, saya kelompokkan ke dalam dua sumsi.

Asumsi pertama adalah, anda mengalami masalah pada perangkat wifi.
Untuk membuka perangkat wifi, anda masuk ke pengaturan lalu aktifkan perangkat wifi. Cara ini dilakukan untuk mengaktifkan wifi di peragkat smartphone anda.
Untuk membuka perangkat wifi pada perangkat komputer :
1. Klik icon wifi pada bagian pojok kanan bawah.
2. Lihat daftar hotspot yang tersedia.
3. Masukan password jika diminta.

Jika icon wifi tidak tampil dipojok kanan bawah pada perangkat komputer anda :
1. Tekan fn + icon pesawat pada keyboard laptop anda.
2. Cek driver wifi jika langkah diatas (point 1) tidak terselesaikan.

Asumsi Kedua adalah perangkat anda dapat mendeksi adanya sinyal tetapi tidak dapat mengaksesnya.
Cara mengatasi masalah akses pada wifi :
1. Pastikan anda mengetahui password hotspot yang ada.
2. Coba hapus / forget hotspot yang ada pada perangkat anda. Lalu akses kembali hotspot yang tersedia.
3. Jika point 2 tidak terselesaikan, coba tekan tombol wps pada perangkat router. Dengan catatan, router dapat anda jangkau. Atau matikan power lalu hubungkan kembali power router.
4. Cek ip address yang tersedia pada router, lalu cek alamat ip address pada perangkat anda. Apakah menggunakan ip static atau dinamis.
5. Jika ke empat point tidak dapat tersesaikan maka anda harus melakukan reset router dan melakukan setting kembali pada router anda.
Untuk melakukan reset password maka anda perlu mengetahui user dan password router. Adapun user dan password default router pada umumnya adalah user : admin dan password : admin. Tetapi bila admin tersebut tidak dapat di akses, anda dapat melihat bagian bawah router untuk melihat alamat url akses, user dan passwor yang terpasang.
6. Atau anda dapat tanyakan pada pemilik hotspot, apakah ada perubahan password.


Bila asumsi pertama dan kedua adalah bukan yang dimaksud dari pertanyaan Bagaimana cara membuka wifi, maka saya sarankan pada anda untuk mengurungkan niat untuk meretas hotspot yang terproteksi . Walaupun terdapat beberapa software yang tersedia, namun cara ini akan beresiko pada kesehatan system anda. Karena besar kemungkinan software tersebut mengandung malware dan trojan. Dan bila system telah terinfeksi oleh malware dan trojan, besar kemungkinan data anda akan dapat terinfeksi yang akan menyebabkan rusaknya data dokumen anda. Hal ini dapat anda buktikan di tahap awal, saat anda mengunduh aplikasi tersebut, dan pada perangkat anda terpasang antivirus, maka proses unduh tidak akan berhasil.
Post a Comment (0)
Previous Post Next Post