Cara backup Driver Adapter Komputer

Dahulu saat anda membeli perangkat komputer baik pc maupun laptop, toko akan memberikan CD yang didalamnya berisi driver atas pc atau laptop yang kita beli. Fungsi driver disini adalah agar hardware yang terpasang pada perangkat komputer dapat berfungsi secara maksimal. Seperti salah satunya display adapter yang apabila driver yang terinstall tidak sesuai maka gambar yang dihasilkan hanya memiliki resolusi 16 bit, sehingga tampilan dari desktop tidak high resolusi.

Namun saat ini banyak toko yang tidak menyediakan driver atas perangkat komputer yang kita beli, dengan alasan driver telah tersedia secara online atau windows yang digunakan tidak original. Padahal secara default driver dari perangkat komputer tidak ditentukan oleh original atau tidaknya versi windows. Oleh karena itu disaat kita membeli sebuah perangkat komputer jika memungkinkan kita meminta backup driver dari perangkat yang kita beli.

Jika ternyata setelah kita meminta CD driver dari perangkat komputer yang kita beli dan tidak diberikan anda dapat menggunakan alternatif lain, yaitu untuk backup driver komputer dengan menggunakan program Doubledriver. Program ini sangat kecil ukuran file yang digunakan yaitu jika setelah di extract dari file masternya, total ukuran file adalah 5,13 MB. Dan untuk menggunakannya cukup mudah yaitu :
Double driver
1. Buka program Doubledriver
2. Anda dapat memilih Scan Current system atau Scan Other system yang berada pada pojok kiri bawah
3. Jika anda ingin membackup seluruh daftar yang ada, maka anda masuk ke menu select lalu pilih all
4. Setelah terpilih driver yang akan anda backup pilihlah menu backup now yang berada pada pojok kanan bawah
5. Selanutnya anda diminta untuk memasukan drive atau folder diluar harddisk internal yang kita miliki. Sehingga anda dapat menggunakan flash disk untuk melakukan backupnya.
Disini saya sarankan menggunakan Stucture Folder (default) dengan tujuan agar setiap driver akan di simpan sesuai dengan nama drivenya pada folder masing-masing.

Alternatif lain melakukan backup driver di Windows

Gunakan "Device Manager":
a. Tekan tombol Windows + X dan pilih "Device Manager" dari menu yang muncul. 

b. Backup Driver Individu : Buka kategori yang sesuai dalam "Device Manager" untuk driver yang ingin Anda backup (misalnya, "Display adapters" untuk driver kartu grafis). Klik kanan pada perangkat keras tersebut dan pilih "Properties."Pilih tab "Driver" dan klik "Driver Details." Catat nama file driver yang terdaftar.

c. Simpan File Driver:Buka File Explorer dan navigasi ke lokasi di mana Anda ingin menyimpan file driver.Cari file driver yang sesuai (biasanya berada di direktori "C:\Windows\System32\drivers") dan salin ke lokasi yang Anda pilih.

Dengan demikian, jika sekali waktu driver perangkat komputer anda bermasalah maka anda dapat menginstall dari driver yang tersimpan pada masing-masing folder drivernya. Semoga bermanfaat.
Post a Comment (0)
Previous Post Next Post