Cara Edit Halaman PDF Sesuai Keinginan Anda


File pdf merupakan dokumen yang sering digunakan agar dokumen yang dihasilkan sesuai dengan tampilan aslinya. Sehingga yang menerima file pdf tersebut tidak perlu mengatur page setup pada printer saat akan dicetak. Karena setiap printer memiliki margin yang berbeda-beda secara defaultnya. Kelebihan dari file pdf ini juga dapat memudahkan penerima file dapat membukanya dari berbagai perangkat baik komputer, ataupun smartphone.

Bagaimana halnya jika suatu waktu kita akan memodifikasi file pdf tersebut, baik dalam hal menambahkan, mengurangi atau menyisipkan pada halaman pdf yang sudah ada. Untuk dapat memodifikasi file pdf tersebut kita dapat melakukan dengan berbagai software. Untuk pembahasan pada artikel ini saya akan menggunakan software bernama Nitro pro.

Beberapa Fitur Nitro pro :

1. Convert file pdf ke format file Word, Excel,Power Point maupun image dengan format yang sering digunakan (PNG, JPG, TIFF maupun Multi TIFF).

convert file pdf
Untuk dapat mengconvert file pdf caranya buka file pdf yang akan anda convert lalu anda pilih icon sesuai hasil file yang diinginkan.

2. Mengatur tampilan halaman, jika di tengah halaman tersebut ada yang ingin di rotate agar memudahkan dalam membaca file pdf tersebut.


Jika anda memiliki beberapa halaman dalam satu file pdf, dan di dalam file tersebut terdapat halaman yang akan di rotate menjadi landscape, maka pada bagian kiri (pages) klik kanan pada halaman yang akan di rotate dan disana anda dapat memilih rotate to left or right hingga menghasilkan halaman yang diinginkan.


3. Edit text yang ada pada file pdf tersebut sesuai dengan ukuran atau jenis huruf yang ada dengan mudah.


Untuk melakukan edit text, file pdf harus dalam format text dan bukan dalam format image. Adapun untuk mengedit text yang ada, masuk ke menu home lalu pilih icon edit. Setelah itu arahkan mouse anda pada text yang akan anda edit.
Catatan : karena file pdf tidak seperti file word maka dalam melakukan edit text akan menyesuaikan deret text yang ada.

4. Mengatur kecerahan halaman pdf dengan jenis photo atau gambar


Jika anda memiliki file image yang tersimpan dalam format pdf, dan ingin melakukan perubahan tingkat kontras, maka anda dapat melakukannya dengan cara :
- Pilih halaman / Image yang akan di edit
- Maka akan muncul oFbject tool yang berisi format dan Alignment
- Pilih format, yang selanjutnya anda dapat mengatur brightness/contrast, atau resolution

5. Menyisipkan halaman pdf lain ke dalam file pdf yang ada


Untuk menyisipkan halaman pada file pdf yang anda miliki, anda dapat memilih menu Home - Insert. Disini anda dapat memilih halaman yang akan disisipkan dengan empat jenis file, baik dari folder yang ada, scanner, maupun clipboard.

Demikian cara edit halaman PDF dengan nitro pro, semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian.
Post a Comment (0)
Previous Post Next Post