Mengapa komputer saya Mati

Pertanyaan ini kadang muncul di berbagai forum sosial, terutama group-group yang telah dibuat di sosial media itu sendiri. Keadaan seperti itu, tidak semata-mata dapat terjadi. Walaupun ada yang bertanya mengapa tiba-tiba komputer saya mati ?

Jika saya kembalikan lagi bertanya, apakah komputer tersebut mati saat pertama kali dibeli ? tentu rata-rata akan menjawab, awalnya baik-baik saja. Oleh karena itu para pengguna komputer yang masih pemula atau yang baru mengenal komputer, harus memahami gejala-gejala yang terjadi sebelumnya.

Faktor penyebab menurunnya kinerja komputer :

1. Penggunaan program yang tidak sesuai dengan spesifikasi hardware.
Kondisi ini, komputer akan bekerja dengan beban yang sangat berat. Dan bagi saya kondisi ini, justru akan memperlambat pekerjaan yang sedang kita kerjakan.

2. Memutar file video yang tersimpan di harddisk.
Mungkin pemikiran dari pengguna adalah agar tidak repot harus memasukan VCD / DVD ke dalam optic drive. Padahal untuk memasukan keping disc itu tidak akan memakan waktu yang lama.

Sedangkan jika kita memutar file video, akan menyebabkan head harddisk akan bekerja tanpa henti yang tidak menutup kemungkinan terjadi badsector dalam cluster hardisk, akibat pergerakan head tersebut.

Dan yang terparahnya adalah akibat hardisk yang bekerja tanpa henti akan mengakibatkan salah satu komponen dalam rangkaian akan rusak.

3. Kapasitas / beban listrik yang kurang dari total penggunaan di dalam rumah, atau kantor.
Akibat hal ini, maka saat beban listrik melebihi kapasitas, maka listrik akan padam dan secara otomatis komputerpun akan mati akibat tidak ada listrik. Dan dengan listrik yang bermasalah inilah akan banyak mempengaruhi kinerja dari hardware komputer.

Dari uraian diatas, maka anda dapat mengetahui beberapa penyebab / faktor yang dapat menyebabkan komputer tidak menyala. Gambar yang saya tunjukan ini adalah dimana bagian processor laptop yang telah overheat.

Oleh karena itu untuk menghindari terjadinya kejadian seperti itu, sebaiknya lakukan tindakan preventif agar usia / masa pakai komputer yang anda miliki dapat terjaga. Jadi jika anda memiliki laptop sebaiknya anda harus mengontrol suhu bagian bawah. Karena saat bagian bawah laptop terasa panas, sebaiknya segera bersihkan sirkulasi, dan kipas pendinginnya. Tujuannya adalah agar kinerja kipas dapat bekerja dengan maksimal. Namun jika anda tidak paham untuk membersihkannya, sebaiknya bawa segera ke tempat service agar kerusakan tidak menjadi lebih parah.
Post a Comment (0)
Previous Post Next Post