Mengatasi Layout Blogspot yang Bermasalah

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih untuk para pembuat template blog yang dibagikan secara gratis. Karena template tersebut membuat para blogger menjadi lebih mudah membuat design blog, dimana sebelum menggunakannya kita dapat melihat tampilan bahkan kita dapat mengecek kecepatan atau struktur dari template itu sendiri.

Saya pribadi adalah seorang pemula yang kurang paham atas kode html ataupun css. Sehingga dengan bantuan search engine, saya mencoba belajar secara otodidak dan memberanikan diri untuk mencobanya.

Sebenarnya jika kita tidak melakukan perubahan atau edit template maka kita tidak akan menemukan masalah selama mengikuti instruksi dari pembuat template tersebut. Namun kadang kita ingin melakukan perubahan baik dalam hal tampilan, loading blog atau menempatkan posisi iklan adsense di blog. Maka kode-kode yang ada di template akan bertambah atau berkurang.

Seperti baru-baru ini yang saya alami dimana, tampilan layout blog saya tidak berjalan normal seperti ini :

Sedangkan blog yang lain dengan template yang sama berjalan normal. Akhirnya saya mencoba bertanya pada forum media sosial yang saya ikuti, namun tidak mendapatkan solusi.
Dan saya juga telah mencoba dengan melakukan searching di internet, tidak menemukan kasus yang sama.

Dengan melakukan coba-coba, akhirnya masalah tersebut dapat terselesaikan. Cara ini saya lakukan jika setelah saya memilih theme designer dan saya tidak dapat masuk ke blog theme designer bagian layout.

Untuk Mengatasi Layout Blogspot yang Bermasalah :

1. Backup template baik melalui menu dowload atau dengan cara manual. Yaitu dengan cara masuk ke Template - edit html - copy semua teks di dalam html tersebut dan simpan di file lain dengan ekstensi txt.

Sebelum menuju langkah kedua, tentunya anda pernah download template tersebut yang berekstensi xml.

2. Buka file template sebelumnya dengan menggunakan notepad++

3. Pilih dan copy semua teks yang ada di dalam template tersebut, lalu paste ke dalam edit html anda dan save theme.

4. Masuk ke dashboard layout, jika tampilan layout sempurna maka anda dapat kembali ke edit html pada theme anda. Lalu copy teks yang telah dijalankan pada langkah ke-1.

5. Namun jika belum sempurna, maka setelah anda menyalin template aslinya, maka pilih theme designer - lalu masuk pada layout di bagian blog theme designer.
Pada tahap ini kemungkinan besar layout akan tampil dengan benar. Selanjutnya copy teks yang telah dijalankan pada langkah ke-1.

Dengan lima langkah tersebut, akhirnya layout blog saya berjalan normal.

Selamat mencoba siapa tahu anda mengalami hal yang sama seperti saya.
Post a Comment (0)
Previous Post Next Post