Mengatasi Salah isi Cartridge

Printer sebagai salah satu perangkat yang digunakan untuk mencetak sebuah dokumen. Beberapa jenis printer yang berada dipasaran memiliki beberapa fitur. Mulai dari hanya digunakan untuk mencetak dokumen saja sampai dengan memiliki kemampuan sebagai scanner. Pada sebuah printer memiliki jenis cartridge yang berbeda, dimana ada cartridge yang terpasang bersamaan dengan head dan cartridge yang tidak terpasang bersamaan dengan head printer. Untuk Cartridge yang sudah terpasang dengan head memiliki kelebihan dimana saat hasil cetak dokumen yang sudah tidak normal dan telah dilakukan clead head maka kita cukup mengganti satu unit cartridge dan hasil cetak akan kembali normal. Namun untuk head printer yang terpasang terpisah disaat hasil cetak sudah tidak normal, maka printer perlu diservice untuk diganti head. Dan ini pada umumnya akan memerlukan biaya yang cukup besar dan bahkan bisa senilai dengan harga printer standar yang dijual.

Untuk sebuah cartridge printer pada umumnya dapat dilakukan isi ulang, dengan memperhatikan jenis tinta yang akan diisi ke cartridge khusunya dalam hal tingkat cairan jenis cartridge yang digunakan. Untuk menentukan posisi warna saat mengisi cartridge, user perlu memahami bagaimana cara mengetahui posisi warna yang terpasang dalam sebuah cartridge. Agar tidak terjadi kesalahan, ada baiknya mencari tahu posisi warna dari sebuah cartridge. Tetapi adakalanya kesalahan dapat terjadi saat mengisi cartridge dalam hal kesalahan warna yang di isi ulang. Misalnya seharusnya warna merah, dan user memasukan warna kuning ke dalam cartridge tersebut.

Kesalahan memasukan warna pada saat mengisi cartridge pernah saya alami. Dari kejadian tersebut, saya sudah coba untuk mengeluarkan isi cartridge dengan cara merendam bagian head dengan air agar keluar. Namun cara tersebut memakan waktu yang cukup lama. Karena saat head cartridge di rendam dengan air, tidak akan mengeluarkan isi tinta di dalam cartridge. Hal ini disebabkan di dalam cartridge terdapat spon yang menyimpan tinta di dalamnya. Oleh karena itu, pada postingan saya kali ini akan membagikan bagaimana Cara Mengatasi salah Isi Cartridge.

Cara Mengatasi salah Isi Cartridge Printer

1. Lepaskan Cartridge dari Printer
2. Masukan spet atau sering dikenal injector. Untuk istilah awam adalah suntikan printer yang ada saat anda membeli isi tinta cartridge.
3. Sedot / vacum isi tinta yang ada dalam cartridge. Lakukan berulang-ulang hingga injector tidak dapat menyedot isi tinta.
4. Buka program microsoft word atau aplikasi apapun yang dapat membuat shape drawing. Buat gambar dengan warna sesuai cartridge. Misalnya dalam cartridge terisi 3 warna : merah, biru dan kuning.

Mengatasi salah isi cartridge printer

5. Cetak dokumen tersebut berulang-ulang hingga hasil cetak warna berkurang dan habis.
6. Setelah warna berkurang rendam head cartridge dengan air hangat.
7. Isi kembali cartridge dengan warna sesuai posisi warna yang benar.
Saat mengisi warna yang benar, lakukan kembali cetak dokumen gambar tersebut. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kesalahan sisa warna yang masih ada di dalam cartridge tersebut.

Dengan melakukan langkah tersebut, lambat laun cartridge akan menjadi normal saat mencetak. Untuk membuat gambar yang akan dicetak bisa dibuat hanya warna yang salah saja atau dengan ketiga warna yang terpasang. Hal ini agar dapat mengetahui warna mana yang telah berkurang dan masih ada di dalam cartridge. Jangan lupa untuk melakukan maintenance melalui aplikasi printer yang terinstal untuk menggunakan fasilitas head clean, agar head cartridge tetap bersih. Inilah cara sederhana yang saya lakukan disaat melakukan kesalahan dalam mengisi isi cartridge.
Post a Comment (0)
Previous Post Next Post