Tips Menambah RAM Komputer

Merupakan dambaan bagi setiap pemilik komputer untuk memiliki komputer dengan kecepatan yang mumpuni. Komputer dengan akselerasi yang dapat menjalankan semua program yang terinstall di komputer. Terlebih lagi bagi yang memiliki program multimedia, graphic design bahkan mereka sebagai gamer.

Untuk mereka yang menekuni dalam bidang tersebut, tentu sudah paham dalam memilih hardware yang akan digunakan. Seperti mulai memilih type motherboard, Processor, VGA card dengan type terbaik, dan RAM. Sehingga jika disatukan komponen tersebut terciptalah satu unit komputer dengan akselerasi yang tinggi.

Permasalahannya adalah bagaimana bagi user yang tidak memahami tentang hardware, dan terbentur juga dengan budget untuk mendapatkan komputer. Untuk yang kurang paham akan hardware tentunya tidak perlu khawatir. Karena mereka pada umumnya hanya menggunakan program yang dapat dikatakan standar.

Untuk meningkatkan akselerasi komputer jika anda telah memiliki komputer sebelumnya, maka anda dapat menambah / mengganti :
1. VGA Card
Mengganti VGA card sebagai salah satu langkah untuk meningkatkan komputer untuk program yang mengutamakan dalam hal graphic. Namun hardware ini bisa diganti jika komputer anda adalah personal komputer / desktop. Tetapi jika anda memiliki laptop, hal tersebut tidak dapat anda lakukan. Karena VGA laptop tertanam pada mainboard. Jadi alternatifnya adalah dengan menggunakan eksternal VGA.

2. RAM
Komponen ini merupakan salah satu bagian perangkat komputer yang dapat meningkatkan kecepatan komputer. Dengan menambah RAM maka kinerja harddisk akan menjadi ringan karena semua swap file tidak banyak tersimpan di harddisk.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat akan menambah RAM :

a. Berapa jumlah slot yang tersedia.
Anda perlu memperhatikan jumlah slot karena misalnya anda memiliki RAM sebelumnya memiliki kapasitas 4GB dan ingin menambah menjadi 12GB maka anda dapar menambahkan sisanya. Untuk menambahkan sisanya anda perlu memperhatikan hal yang lain.

b. Berapa speed / kecepatan RAM sebelumnya.
Kecepatan ram merupakan faktor penting dalam menambah RAM. Karena jika kecepatan berbeda, berdasarkan pengalaman saya maka salah satu ram akan turun kinerjanya karena tidak sinergis antara keduanya. Penurunan kinerja ini ditandai dengan :
- Meningkatnya suhu dari RAM. - Terjadi blue screen saat komputer dinyalakan.
- Jika anda menggunakan program excel, biasanya tidak dapat menyimpan file saat di save.

Jadi dengan 2 komponen yang telah saya sebutkan di atas, maka anda dapat memilih mana yang perlu anda tambahkan atau anda ganti. Yang tentunya hal ini disesuaikan dengan budget yang anda miliki.
Post a Comment (0)
Previous Post Next Post