Mengatasi error 0xc00000e9

Masalah yang terjadi pada saat booting pada windows salah satunya adalah error 0xc00000e9. Notifikasi tersebut disebabkan pada masalah hardware khususnya harddisk. Namun sebelum mengambil keputusan masalahnya harddisk, anda dapat melakukan beberapa metode berikut.

Mengatasi error 0xc00000e9

Mengatasi error 0xc00000e9

Metode 1 : Power off komputer dan jangan hubungkan koneksi eksternal seperti : Hardisk External, Flashdisk, Mouse wireless, Putuskan sambungan Semua Periferal / Perangkat Eksternal.
Power on komputer untuk melihat perubahan, karena biasanya setelah melepas hubungan peripheral maka sistem akan mengkonfigurasi I/O port.

Metode 2 : cek kabel Harddisk
Pada metode dua ini dilakukan untuk Anda yang menggunakan PC. Jika Anda menggunakan laptop maka anda harus membuka casing laptop untuk dilakukan pengecekan port Harddisk.

Metode 3 :  Gunakan Hiren BootCD untuk memperbaiki Harddisk. Untuk mendapatkan Hiren BootCD, anda dapat membuat sendiri atau dapat membeli Hiren BootCD.

1. Rubah bootable ke CD atau flash disk melalui setting BIOS

2. Setelah masuk ke menu hiren bootCD, pilih opsi Program Dos

3. Pilih Opsi 6 - Hard Disk Tools

4. Pilih opsi 1 yaitu HDAT2 4.53 (Tes / Repair Bad Sectors).

5. Pilih harddisk yang terpasang

6. Cek and repair bad sector
Tunggu hingga proses selesai. Pada proses ini memerlukan waktu sesuai dengan kapasitas harddisk anda. Selanjutnya keluarkan Hiren BootCD. Dan lakukan restart ulang. Dan jangan lupa untuk mengatur boot Harddisk sebagai primary.

Jika 3 metode telah dilakukan  dan Anda masih mendapatkan notifikasi dengan status 0xc00000e9, berarti komputer anda harus di Install ulang.
Post a Comment (0)
Previous Post Next Post