Lindungi Anak dari Bahaya Internet

Bila anda sebagai orang tua yang memberikan akses internet kepada anak, sudah saatnya kita melindungi perangkat yang digunakan. Dengan informasi yang tersebar di internet membuat anak secara bebas dalam memperoleh informasi yang kadang tidak menutup kemungkunan cenderung negatif. Untuk menghindari hal ini terjadi, sebagai orang tua sudah saatnya untuk melakukan proteksi pada perangkat yang terhubung ke internet.

Untuk membuat Internet sehat untuk anak anda dapat menggunakan bantuan K9 web protection. K9 web protection berfungsi untuk memfilter saat pengguna komputer menggunakan internet.

Cara menggunakan K9 Web Protection :

1. Masuk ke website resmi K9 Web Protection.
2. Pilih kotak Free Download
3. Isi kotak yang perlu diisi untuk mendapatkan license key
Saat anda memilih Request License, maka anda akan mendapatkan notifikasi email untuk mendownload program K9 web protection.

4. Setelah anda menerima email, pilih link Download K9 Web Protection.

Setelah proses download selesai, maka Install dengan mengisi K9 User License dan password administrator k9 yang berfungsi untuk melindungi seting yang akan anda buat.

5. Setelah selesai proses Instalasi, masuk ke browser dengan memasukan alamat ip addres pada browser anda 127.0.0.1 dan selanjutnya pilih setup
Isi password administrator k9 yang telah anda buat.

6. Pilih web Categories untuk mengijinkan akses yang dapat dilakukan.
Disini saya memilih kategori minimal, karena seting tersebut saya anggap yang cukup rentan dalam melindungi anak dalam menggunakan internet.

7. Masuk bagian Time Restrictions.
Pilih nightguard dengan tujuan agar penggunaan komputer diijinkan hingga pukul 10.30 malam dan dapat digunakan kembali setelah pukul 7.00 pagi. Saya seting dengan pukul 10.30 dengan pertimbangan agar dapat digunakan di malam minggu.

8. Anda juga dapat mengubah password sebelumnya dengan menggunakan menu password / email pada dashboard K9 web protection.
Sebaiknya anda sebagai orang tua, sekali-kali perlu cek history akses intenet tanpa sepengetahuan anak anda. Dan bila sekali waktu ada alamat url yang perlu dilindungi, anda dapat mengaturnya pada bagian web site exceptions.

Dengan menjaga internet sehat untuk anak anda, anda telah melindungi anak dari generasi yang sehat.
Post a Comment (0)
Previous Post Next Post