Cara Menggabungkan fungsi IF dan AND di Microsoft Excel

Begitu banyak variasi yang dapat kita lakukan dengan Rumus IF pada Microsoft Excel. Jika anda pernah berkunjung pada blog berbagi73 sebelumnya, tentu anda dapat menemukan pembahasan mengenai rumus IF di dalamnya. Mulai dari pengelompokan data, mencari nilai duplikat dalam cell, menggabungkan Fungsi IF dan Vlookup. Dan artikel ini saya tulis berdasarkan atas kejadian / pengalaman yang saya alami.

Hari ini saya coba untuk membagikan bagaimana Cara Menggabungkan Fungsi IF dengan AND pada Microsoft Excel. Tujuan dari penulisan artikel ini sebagai bantuan khususnya untuk rekan kerja saya yang baru-baru ini menanyakan untuk menentukan skala upah tenaga kerja berdasarkan peraturan ketenagakerjaan yang setiap tahun adanya penyesuaian terhadap nilai Upah Minimum Kabupaten/Kota sesuai masing-masing wilayah.

Mengingat adanya perbedaan dari UMK masing-masing daerah, dan untuk menghindari dari salah persepsi para pembaca maka untuk penerapan dalam menggabungkan Fungsi IF dengan AND yang saya akan asumsikan dengan nilai A, B, C, D, dan E dari suatu pelajaran / mata kuliah.

Untuk dapat mempermudah penerapannya saya beri warna sesuai dengan rumus dan hasil yang diinginkan.
- Nilai A antara 90 sampai dengan 100
- Nilai B antara 80 sampai dengan 89
- Nilai C antara 70 sampai dengan 79
- Nilai D antara 69 sampai dengan 69
- Nilai E di bawah angka 60

Untuk menggabungkan masing-masing rumus tersebut anda dapat menerapkan dengan cara mengurutkan angka 1 sampai dengan angka 6. Dimana angka 6 adalah sebagai asumsi jika terjadi penginputan angka di atas 100 yaitu =IF(C8<60>=60;C8<70>=70;C8<80>=80;C8<90>=90;C8<=100);"A";"-"))))) atau


Cara lain yang sederhana dapat lakukan untuk menggabungkan fungsi IF dan AND di Microsoft Excel untuk membuat pernyataan logika yang lebih kompleks.

Misalnya, Anda ingin menghasilkan nilai "Lulus" jika seorang siswa mendapatkan nilai minimal 70 pada ujian dan juga absen kurang dari 3 kali. 
Berikut adalah contoh rumusnya:=IF(AND(Nilai >= 70, Absen < 3), "Lulus", "Tidak Lulus") Dalam rumus di atas: 
  • IF adalah fungsi kondisional Excel yang akan menghasilkan nilai berdasarkan kondisi yang Anda tentukan. 
  • AND adalah fungsi logika Excel yang akan menguji apakah kedua kondisi di dalamnya benar. 
  • Nilai adalah referensi ke sel yang berisi nilai siswa. 
  • Absen adalah referensi ke sel yang berisi jumlah kehadiran siswa.
Rumus ini akan menghasilkan "Lulus" jika nilai siswa lebih besar atau sama dengan 70 dan jumlah absennya kurang dari 3, dan "Tidak Lulus" jika salah satu kondisi tersebut tidak terpenuhi. Anda dapat menyesuaikan kondisi dan teks yang dihasilkan sesuai kebutuhan Anda.

<60><70><80><90>Demikian langkah yang dapat anda lakukan untuk Menggabungkan Fungsi IF dengan AND pada Microsoft Excel.
Post a Comment (0)
Previous Post Next Post