Cara Alternatif Install huruf di Windows

Cara Alternatif Install Huruf
Disaat anda membeli sebuah laptop atau Desktop pada umumnya ada dua hal yang sering dilakukan oleh teknisi dari penjual komputer dalam hal media penyimpanan atau pembagian harddisk yang digunakan yaitu pertama teknisi tidak membagi atau melakukan partisi pada hardisk dan kedua adalah melakukan partisi pada hardisk yang terpasang.
Untuk hal pertama yang dilakukan tanpa membagi hardisk mungkin tidak menjadi masalah jika suatu saat akan mempartisi dimasa yang akan datang. Tetapi jika teknisi tersebut telah membagi partisi hardisk menjadi dua bagian maka ada dua kemungkinan yang terjadi yaitu perbandingan partisi antara drive C yang lebih kecil dibandingkan dengan drive D. Hal ini akan menyebabkan pengguna komputer tidak leluasa jika akan menginstall program baru di komputernya. Karena hampir sebagian besar jika teknisi mempartisi hardisk menjadi dua bagian biasanya dia akan menyediakan ruang system lebih kecil dibandingkan dengan partisi lainnya. Kecuali pembeli meminta perbandingan dua partisi sesuai yang diinginkannya.

Jika anda adalah seorang design untuk membuat sebuah brosur, kartu undangan, kartu nama atau sebagai seorang graphic designer biasanya akan mengumpulkan beberapa jenis huruf yang akan digunakan. Sehingga kadang tanpa disadari anda telah menginstall banyak huruf di dalam system windows. Namun dengan banyaknya huruf yang terinstall di system windows percaya atau tidak akan menyebabkan kinerja windows akan menjadi lambat. Karena disaat anda menjalankan sebuah program maka program tersebut akan mereload semua huruf yang ada dalam system.

Pertanyaannya adalah bagaimana agar kita dapat menampilkan huruf tanpa harus membuka huruf satu persatu pada file huruf tersebut ? Karena program bawaan dari windows hanya dapat menampilkan bentuk huruf jika kita membuka huruf tersebut. Sehingga jika kita memiliki 100 huruf maka kita harus membuka huruf satu persatu untuk membukanya. Disamping itu nama file huruf tidak selamanya sama dengan nama atau jenis huruf dari file huruf tersebut.

Agar kita mengetahui nama huruf dari file tersebut, kita dapat menggunakan program Font Navigator. Program ini dapat anda install jika anda melakukan install program CorelDraw dengan cara custom. Dimana anda hanya melakukan install program Font Navigator saja jika merasa anda tidak memerlukan program Corel di komputer anda.
Setelah anda install Font Navigator, layar komputer anda akan menampilkan font navigator wizard :
Font Wizard
1. Pilih Next untuk mengambil folder huruf yang telah anda buat sebelumnya.
Misalkan anda menyimpan koleksi huruf pada folder D:/Fonts maka arahkan pada folder tersebut.
2. Pada program Font Navigator akan menampilkan empat kolom yaitu Content of Font Catalog, Install Fonts (fonts yang terinstall di Windows), Font Group, dan Font Sample.
Pada kolom font sample anda dapat melihat bentuk huruf dan type dari huruf tersebut (Regular, Italic, Bold, Bold Italic, Demi-Bold, Medium, Medium-Italic dan lain sebagaimnya).
3. Jika anda akan menginstall huruf dari kolom Contents of Font Catalog, maka anda cukup memilih jenis huruf lalu klik kanan dan Install. Maka huruf tersebut akan berpindah ke kolom Installed Font. Cara ini juga dapat dilakukan untuk menginstall beberapa huruf secara bersamaan.

Dengan cara ini maka anda akan lebih menghemat waktu anda, tanpa harus membuka satu persatu dari huruf yang anda miliki untuk di install.
Post a Comment (0)
Previous Post Next Post