Kenapa Kinerja Komputer Lambat

Beberapa hari yang lalu, ada seseorang yang menanyakan pada sebuah forum. Pertanyaan adalah Mengapa kinerja komputer lambat saat tidak di charge? Dari pertanyaan tersebut saya coba untuk menjawab, bahwa coba lihat pengaturan power management dari laptop tersebut. Karena pada umumnya setting default dari sebuah software terletak pada bagian tersebut.

Setting Performance Laptop

Bila dilihat, ternyata setting dari power management tersebut telah benar menurut saya. Karena rasa penasaran akhirnya saya kembali bertanya, apakah masalah tersebut baru terjadi ? Dan dia mengatakan bahwa masalah tersebut setelah melakukan upgrade windows 10 1903. Dan masalah tersebut terasa pada aplikasi Autocad 2010 yang dia gunakan.
Jika melihat kondisi tersebut, solusi yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan trial and error.

Cara Mengatasi Kinerja Komputer yang lambat

1. Cek versi driver VGA yang tersedia di website resmi vendor tersebut.
Tindakan ini dilakukan karena VGA / display adapter merupakan sesuatu yang sensitif bagi kinerja komputer khususnya untuk urusan grafik. Tidak selamanya dengan melakukan update driver menjadikan solusi, jika update driver tersebut tersedia melalui versi microsoft. Karena microsoft pada umumnya mengeluarkan dengan versi compatible.

Bila versi driver yang tersedia pada website resminya tidak sama, maka itu bisa dijadikan salah satu penyebabnya. Lalu bagaimana solusinya ? untuk saya pribadi akan uninstall versi driver terbaru tersebut dan mengembalikannya ke versi aslinya. Namun ada sebagian yang berpendapat dengan menggunakan driver pack. Silahkan gunakan dua pilihan tersebut.

Dan salah satu yang perlu diperhatikan adalah, dengan uninstall chipset driver dari komputer yang anda gunakan. Karena chipset driver ini berfungsi agar lebih optimal semua adapter yang terhubung pada perangkat komputer.

2. Merubah setting dari program yang digunakan.
Untuk program yang berhubungan dengan grafik / display adapter seperti program design, game akan menyediakan setting minimum dan maximum. Kita dapat menggunakan pengaturan minimum, misalnya dalam hal rendering, texture, atau kualitas graphic yang dihasilkan. Memang kondisi ini tidak nyaman saat digunakan. Namun itu bisa dijadikan solusi, bila memang kinerja komputer menjadi lambat. Atau solusi lain yang bisa anda lakukan adalah dengan tetap menghubungkan adaptor saat menggunakan program Autocad.

3. Jika kedua kondisi tersebut telah dilakukan dan masih merasa tidak nyaman karena program Autocad yang anda gunakan adalah salah satu program yang sering anda gunakan, maka adalah dengan mengganti sistem windows anda menjadi lebih rendah dari sebelumnya.
Ketiga tindakan tersebut adalah sebagai solusi tanpa harus menambah perangkat lain. Tetapi bila anda memiliki budget yang lebih, anda bisa menambah RAM untuk mengatasi proses swap file yang biasanya diperlukan saat komputer sedang menjalankan banyak proses yang berjalan.

Tindakan lain yang dapat anda lakukan adalah dengan uninstall program yang tidak perlu. Adapun program tersebut, seperti tools yang malah biasanya akan membuat komputer menjadi lambat.

Bila semuanya telah dilakukan dan masih mengalami hal yang sama, saatnya kita menerima keadaan tersebut. Karena mungkin memang product tersebut bukan dirancang untuk akselerasi yang tinggi.
Post a Comment (0)
Previous Post Next Post