Setting Mobile Hotspot dengan Repeater TPLink WA801N

Fitur Mobile Hotspot pada sebuah android sudah bukan merupakan hal yang asing lagi. Karena Mobile Hotspot ini salah satu fitur sebagai penghemat kuota. Karena Mobile Hotspot yang diaktifkan dapat diakses oleh beberapa pengguna Smartphone, dan Perangkat komputer yang memiliki Jaringan Wifi.
Namun saat mengaktifkan fitur Mobile Hotspot, maka Smartphone tersebut akan panas akibat bekerja diatas kapasitasnya. Semakin banyak pengguna Smartphone yang mengakses Mobile Hotspot maka semakin berat beban Smartphone tersebut. Dan tidak menutup kemungkinan akses data internet yang digunakan tidak maksimal.

Setting repeater

Pada artikel ini, saya coba membagikan suatu percobaan dimana diawali dengan rasa penasaran saya yang sebelumnya telah berhasil melakukan setting Router TPLink MR3020 dengan modem Huawei. Kali ini saya akan melakukan percobaan pada Router TPLink TL WA801N yang memiliki fitur Repeater. Dimana saya akan memperluas sinyal Mobile Hotspot dari Android yang saya gunakan melalui TPLink TL WA801N. Percobaan ini harapannya adalah agar Mobile Hotspot yang diaktifkan melalui Smartphone saya tidak panas.

Perangkat yang diperlukan untuk menghubungkan Router Akses Point dengan Mobile Hotspot :
1. Router yang memiliki fungsi sebagai Repeater
2. Android yang memiliki Paket Data Internet
3. Kabel RJ45 yang telah terpasang jack
4. Laptop / PC yang memiliki port RJ45, dan lebih baik jika memiliki Wifi Adapter

Cara Setting Hotspot Android dengan Repeater TPLink TL WA801N :

1. Hubungkan Router TL WA801N dan Laptop melalui koneksi LAN
2. Buka Browser dan masukan alamat ip address yang tertera di bagian bawah Router. Untuk tipe ini alamat IP yang digunakan adalah 192.168.0.254
3. Masukan user dan password dengan kata "Admin" lalu Pilih Next saat menampilkan Quick Setup

Setting TP Link WA801N

4. Pilih Repeater setelah anda memilih next pada quick setup

5. Pada Wireless Setting :

Setting Akses Pint WA8001N

a. Pilih Universal Repeater
b. Pilih Survey untuk mengetahui Akses Point yang tersedia.
c. Pada langkah tersebut, Aktifkan Mobile Hotspot Smartphone anda.
d. Jika pada AP List tidak terdapat Akses Point, anda dapat memilih menu refresh. Dan selanjutnya pilih Connect pada AP List
e. Pilih Region ke Indonesia
f. Masukan password Mobile Hotspot Smartphone anda.
g. Pilih Next untuk masuk ke menu selanjutnya.

6. Pada Network Setting pada Bagian DHCP Server Pilih Enable DHCP Server dan pilih Next untuk menyelesaikannya.


7. Pilih Finish.
Seteah anda memilih Finish, router akan melakukan reboot. Disini biarkan proses reboot berjalan dan bila masuk kembali ke menu awal, lihat bagian dashboard kiri router anda.

8. Pilih Network pada bagian dashboard yang akan masuk ke menu LAN. Disini anda dapat merubah menjadi Dinamic IP (DHCP) lalu Save, untuk melakukan reboot kembali dari router anda.


Setelah reboot selesai, Setting Hotspot Android dengan Repeater TPLink TL WA801N telah selesai. Silahkan anda coba melalui koneksi LAN atau melalui Wifi. Kelebihan / keuntungan menggunakan Repeater untuk memperluas Mobile Hotspot ini, Smartphone yang anda miliki terbebas dari panas yang berlebih. Dan cara ini, saya rasa bisa anda terapkan untuk semua jenis router yang memiliki fungsi sebagai repeater.
Post a Comment (0)
Previous Post Next Post