Cara Meningkatkan Akselerasi Windows All Version

Komputer yang lambat membuat pemilik komputer akan merasa jenuh untuk berlama-lama menggunakan komputer. Yang menyebabkan komputer menjadi lambat :
1. Dari Hardware yang tidak mendukung standar minimum dari system yang terinstall
2. Dari Software, biasanya karena ingin merasa up to date dengan perkembangan program / aplikasi, biasanya user akan menginstall program terbaru di komputernya tanpa mempertimbangkan standar minimum dari program yang akan di Install.
3.Faktor yang tidak diharapkan oleh seluruh user yaitu system terinfeksi virus karena tidak menginstall dan tidak update virus defination

Untuk Point ke 3 solusinya sudah pasti untuk membersihkan system yang terinfeksi dengan Antivirus yang dapat memperbaiki dan sekaligus dapat terhindar dari jenis virus lain di masa yang akan datang. Untuk point ke 2 solusinya adalah meningkatkan kinerja hardware dengan cara upgrade RAM atau VGA jika memungkinkan. Karena jika harus mengganti processor, saya rasa tidak mungkin. Karena user harus mengganti Mainboard yang ada. Dan cara ini akan menambah biaya yang cukup besar. Untuk point ke 1 dipengaruhi oleh budget dari user itu sendiri bila menginginkan perubahan dari kinerja komputer.

Untuk dapat meningkatkan akselerasi system windows :

Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan user tanpa harus mengeluarkan budget, dengan kondisi kinerja komputer menurun setelah komputer digunakan dalam waktu lama.


1. Edit isi registry editor untuk menambah kinerja komputer.
a. Ketik regedit pada pencarian distart lalu klik kanan mouse dan pilih run as Administrator.
b. Pilih [HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop]
c. Cari dan buka string dengan nama MenuShowDelay, lalu rubah angkanya dengan 0
d. Pilih [HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop\WindowMetrics]
e. Cari dan buka string denga nama MinAnimate, lalu ganti value menjadi 0

2. Rubah Startup and Recovery dengan memilih tombol setting lalu rubah Startup menjadi 10 Seconds dan abaikan waktu paa Recovery atau tidak perlu diisi.


3. Gunakan Custom Visual effects
Untuk menggunakan Visual Effects secara Custom :
a. Ketik System pada menu pencarian di start menu contana atau tekan logo Windows + Pagebreak
b. Pilih Advanced System Setting - lalu pilih Advanced tab
c. Pilih Setting pada Performance
d. Pada bagian Visual Effects pilih custom dan hanya aktifkan Show Thumbnails instead of Icon dan Smooth-scroll lists boxes lalu pilih OK

4. Bila anda memiliki koneksi Internet yang lambat, nonaktifkan proses update yang berjalan di background. Misalnya : Windows Update, Google Update, Itunes Update, dan lain-lain. Untuk merubahnya, anda dapat mengunakan Services Microsoft Corporations dengan cara ketik di menu run "Services.msc"

5. Jaga kapasitas harddisk dari file yang tidak digunakan. Untuk mengetahuinya, ketik %temp% dan jalankan pada menu run. Pada file temp yang terbuka, semua folder dan file disana sifatnya sementara. Jadi bisa anda delete untuk menjaga ruang harddisk.

Cara diatas, dapat digunakan untuk Trik Meningkatkan Akselerasi Windows All Version. Karena semua versi windows tidak ada yang berubah seperti yang dijelaskan pada postingan sampai dengan saat ini.
Post a Comment (0)
Previous Post Next Post