Mengapa Laptop tidak menyala

Mengapa Laptop Tidak Menyala
Pertanyaan ini kadang kita temui dalam suatu forum. Lalu bagaimana cara mengatasinya ?


Untuk dapat menjawab Mengapa Laptop Tidak Menyala bagi saya cukup mudah yaitu karena tidak ada respon. Lalu apakah sampai disitu jawaban sudah dapat memberikan solusi bagi pemberi pertanyaan ? Tentu tidak.

Karena yang diharapkan oleh penanya adalah jalan keluar atau mengetahui penyebabnya.
Mari kita coba selesaikan permasalahan tersebut. Pengertian tidak menyala ini sebenarnya mempunyai arti luas :
1. Apakah tidak menyala dalam arti layar tidak ada respon.
2. Layar monitor hidup tapi tidak berlanjut ke sistem.
3. Laptop hidup dalam waktu hitungan menit.

Karena pertanyaan tersebut bersifat komplek, maka

Penyebab Laptop Tidak Menyala :

1. Batere Laptop Habis
Untuk masalah ini, setiap penguna dapat menyelesaikannya. Namun ada juga kasusnya dimana setelah dicharge laptop masih juga tidak mau menyala. Jika anda menemui masalah ini anda harus mengetahui jenis batere laptop anda, apakah batere tanam atau bukan. Karena saat ini banyak laptop yang telah menggunakan batere tanam untuk meringankan bobot dan menyesuaikan ketebalan dari laptop tersebut.

Jika batere laptop anda bukan tanam, coba anda lepaskan batere dan hubungkan adaptor ke laptop. Biasanya cara ini dapat teratasi, jika memang kualitas batere laptop sudah tidak layak digunakan.

2. VGA / Display adapter
Untuk bagian ini, ada dua memungkinan terjadi yaitu, jika laptop anda memiliki port external VGA, maka anda dapat mencoba menggunakan kabel external VGA untuk dihubungkan ke monitor eksternal atau TV yang mendukung port VGA. Coba hidupkan laptop anda.

Bila laptop anda tidak memiliki port VGA, maka anda dapat menggunakan port HDMI untuk dihubungkan ke smartTV. Coba anda hidupkan kembali laptop anda.


3. Memori / RAM bermasalah
Hubungan antara RAM dan menyalanya laptop tentu berhubungan. Karena pada prinsipnya laptop / komputer akan menyala jika semua komponennya terhubung, baik RAM, VGA, Harddisk dan keyboard. Tetapi jika Harddisk dan Keyboard anda bermasalah, setidaknya layar monitor masih menampilkan menu bios atau logo bios.

Untuk RAM yang bermasalah, jika dahulu ditandai dengan adanya suara beep sebagai indikatornya. Namun saat ini sudah jarang adanya indikator tersebut. Oleh karena itu, coba anda lepas bagian bawah laptop dan pegang RAM yang terpasang (panas / tidak) ? Jika tidak panas, anda dapat melepaskannya dan membersihkan bagian yang kuning pada RAM dengan penghapus dan bersihkan slot yang terpasang di boardnya dengan kuas / sikat gigi. Pasang kembali dan coba hidupkan.

Jika anda telah melakukan tiga langkah anda dan tidak membuahkan hasil, anda dapat menyerahkannya ke tempat service untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Konfirmasikan pada teknisi / tempat service agar jangan langsung mengganti komponen yang bermasalah. Perintahkan untuk mengkonfirmasi terlebih dahulu dalam melakukan penggantian spare part.
Karena bila penyebab kerusakan adalah mainboard, maka anda akan banyak biaya yang perlu dikeluarkan. Sedikitnya adalah 60 persen dari harga beli laptop anda.

Jika laptop anda memang generasi lama, anda dapat mulai untuk mempertimbangkan laptop generasi baru.
Post a Comment (0)
Previous Post Next Post