Satu Program untuk Email dan Chat


Program apa yang anda gunakan untuk menerima dan mengirimkan email ? Jika email uang anda gunakan hanya sebatas mengirimkan informasi tertentu tanpa berkelanjutan, saya rasa anda cukup menggunakan browser, saya rasa sudah cukup. Tetapi jika setiap email yang anda terima atau anda kirim sifatnya berkesinambungan dan sifatnya sekali waktu diperlukan pada waktu tertentu, saya rasa anda memerlukan sebuah program untuk dapat menggantikan fungsi email browser anda.


Beberapa program email yang sering digunakan :
1. Microsoft Outlook
2. Outlook Express (sebelum sistem windows 7)
3. Mozilla Thunderbird
4. Opera Mail
5. Claw Mail
6. Zimbra

Dari beberapa program email di atas, saya sudah mencoba Microsoft Outlook, Outlook Express, Mozilla Thunderbird, dan Opera Mail. Dari keempat program email yang pernah saya gunakan tersebut, saya merasa hanya thunderbird yang memiliki kapasitas email yang cukup kecil. Dan kelebihan dari thunderbird ini dapat digunakan untuk migrasi ke program email lainnya.
Kekurangan dari program Microsoft outlook adalah adanya macro yang dapat mempengaruhi terhadap setting dari microsoft outlook sendiri, dan disamping itu kapasitas dari setiap email cukup besar. Dengan kondisi ini maka anda akan banyak membutuhkan bandwidth saat menerima email maupun mengirimkan email. Kekurangan lain dari microsoft outlook adalah tidak dapat digunakan untuk beberapa email yang dengan domain yang sama.

Oleh karena itu bagi anda yang memiliki banyak email, maka anda perlu memilih program email yang dapat anda gunakan untuk menampung email yang anda miliki. Jika anda pernah mencoba Thunderbird, tentu tidak ada masalah karena anda dapat menambahkan beberapa akun email pada program Thunderbird anda.
Sebagai konfirmasi saat anda mengirimkan email pada penerima email, kadang anda perlu melakukan konfirmasi jika memang email tersebut dirasa penting dan benar-benar perlu dikonfirmasi pada waktu yang sama. Oleh karena itu kadang kita mengirimkan pesan singkat melalui smartphone anda. Agar bukti pesan singkat / Chat yang anda kirimkan ini dapat dijadikan referensi / bukti, saya rasa perlu adanya suatu program yang dapat menggantikan smartphone pada sebuah komputer anda.

Setelah mencari beberapa referensi akhirnya saya menemukan program mailbird yaitu program yang dapat menerima/mengirimkan baik email dan chat hanya dalam satu aplikasi. Program Mailbird dapat anda gunakan untuk beberapa email. Dan bahkan saya sudah mencobanya dengan lima email pada Mailbird. Program ini juga telah mendukung Whatsapp, dimana prinsipnya hampir sama dengan whatsapp web. Anda cukup melakukan scan QR Code pada layar monitor anda, maka anda telah terhubung pada chat anda.

Cara menggunakan Email pada Mailbird

1. Lakukan Install Mailbird setelah anda download, tunggu hingga selesai.
2. Isi alamat email yang akan anda masukan dalam program mailbird.
3. Jika anda menggunakan akun gmail, maka gunakan Authentication dengan Google OAuth 2.0
4. Anda akan diarahkan pada menu Pop Up untuk mengisi password sesuai alamat email yang telah anda masukan.
5. Lakukan Verifikasi sebagai langkah bahwa akun gmail anda telah terhubung dengan program Mailbird.
6. Jangan lupa untuk memilih setting server menjadi imap.gmail.com dengan Encryption SSL/TLS.
Jika sukses maka anda akan langsung masuk ke beranda Mailbird yang menampilkan alamat email anda.

Lalu bagaimana jika anda akan menghubungkan Whatsapp dari smartphone anda ke Mailbird ?
Cara Menggunakan Whatsapp pada Mailbird :
1. Pada dashboard Mailbird, pilih Add-Ons pada bagian kiri bawah.
2. Check list Aplikasi Whatsapp
3. Scan QR Code yang ada pada layar monitor.
Dengan menggunakan whatsapp melalui Mailbird, maka anda tidak perlu repot untuk mengetik pada smartphone anda. Semoga dengan program mailbird ini dapat membantu kinerja anda.
Post a Comment (0)
Previous Post Next Post