Program untuk compress file

prog compress
Bagi yang menggunakan komputer, kadang dihadapkan dengan kapasitas file yang cukup besar. Sehingga dengan keadaan tersebut kapasitas ruang hardisk akan berkurang. Dengan keadaan ini anda mempunyai beberapa pilihan :
1. Manambah kapasitas Hardisk
2. Memindahkan file ke drive lain
3. Menyimpan file ke storage online
4. Melakukan compress file.

Pada pilihan ke 4 yaitu Compress file ini banyak dilakukan oleh pengguna komputer sebagai tindakan alternatif, terutama file yang akan dikompress adalah kumpulan file dengan format gambar atau dokumen. Walaupun sebenarnya jika kita melakukan compress gambar perubahan kapasitas tidak terlalu berbeda. Dalam arti perubahan ukuran file hanya berubah antara 20% sampai dengan 30% dari aslinya.

Dari beberapa software yang ada, ada beberapa program untuk compress file dimana kita tetap dapat menggunakannya walaupun program tersebut bersifat trial. Tiga program compress yang sering digunakan diantaranya adalah :

1. WINRAR - 1993
Software ini memiliki kemampuan untuk membuka file dengan extensi : rar, zip, cab, arj, lzh, ace, 7zip, tar, Gzip, uue, bz2, jar, iso, dan z.

Sedangkan metode yang dapat digunakan dalam mengkompress file pada winrar anda dapat melihat parameter yang digunakan :
winrar

Agar menghasilkan file compress yang kecil anda dapat menggunakan metode best. Dan jika untuk menghemat ruang hardisk anda dapat mengaktifkan Delete files after achiving, sehingga sumber data file yang sebelumnya akan dihapus setelah proses compress selesai.

2. WINZIP - 1991
Software ini tidak berbeda jauh dengan winrar, hanya memiliki kelebihan dimana hasil compress dapat di split yang artinya file compress akan dibagi dengan berbagai ukuran dengan pilihan yang seperti di bawah ini :
winzip

dengan cara ini sebenarnya ada sejak dahulu, dimana sebelum adanya flash disk maka setiap pengguna masih menggunakan floppy disk dengan kapasitas 1,2 MB, maka hasil compress file akan dibagi sesuai dengan kapasitas maksimum 1,2 MB. Jadi jika kumpulan files berukuran 5 MB maka akan di compress menjadi 6 Floppy disk.

3. 7ZIP - 1999
Software ini adalah dikeluarkan di tahun 1999, dimana fungsinya tidak berbeda jauh dengan winzip dan winrar. Software ini lebih ringan dari kedua program compress diatas, dan bersifat gratis. Untuk menggunakannya cukup mudah, dimana anda memilih beberapa file dari file explorer lalu klik kanan dan pilih konteks menu 7zip untuk melakukan compress maupun melakukan extrak file.

Sekarang anda dapat memilih program compress mana yang akan anda gunakan.
Post a Comment (0)
Previous Post Next Post