Merubah File Properties Details


Setiap file yang dibuat atau yang dipindahkan dalam sebuah media penyimpanan baik dalam media memory card, harddisk ataupun Compact Disk akan selalu menyimpan informasi kapan file tersebut terakhir dibuat ataupun dimodifikasi. Modifikasi ini mempunyai pengertian yaitu dalam hal dilakukan perubahan atas file misalnya anda telah melakukan edit ataupun telah mengaksesnya.

Untuk mengetahui status tersebut, kita dapat mengetahuinya dengan cara memilih detail file (pada smartphone) atau jika anda pengguna komputer dapat mengaktifkan menu view - detail. Sehingga di sana anda akan menampilkan Name, date modified, type, size. Untuk mengetahui lebih detail dari status file tersebut anda dapat melakukan dua cara :
1. Dengan melakukan klik kanan pada file tersebut lalu pilih properties pada context menu yang ada.
2. Anda dapat mengaktifkan detail tertentu pada windows explorer dengan cara klik kanan pada bagian size misalnya maka disana anda akan menampilkan :
a. Date create
b. Authors
c. Tags
d. Title
e. More.. yang berisi informasi lebih detail lagi

Lalu bagaimana jika kita ingin memodifikasi atau merubah file yang baru kita copykan ke dalam media storage yang baru sehingga status detail dari file tersebut menampilkan informasi tanggal dibuatnya file tersebut. Untuk dapat merubahnya anda dapat menggunakan bantuan program bernama BulkFileChanger dari nirsofts. Program ini mempunyai ukuran yang cukup kecil yaitu sebesar 87kb dalam bentuk compress saat anda mendownloadnya. Sedangkan setelah anda mengextractnya maka akan menghasilkan total kapasitas sebesar 111 kb.

Program ini sangat mudah digunakan karena kita cukup memilih file yang akan kita ganti dengan dengan memasukan file-file yang akan anda rubah detail dalam penanggalannya yang dapat dilihat pada gambar berikut :


Setelah anda melakukan perubahan maka jika anda melihat pada file eksplorer maka status tanggal belum berubah. Hal ini disebabkan anda belum melakukan refresh terhadap explorer tersebut. Jika anda telah merefreshnya maka Date Created akan berubah sesuai dengan tanggal yang telah anda rubah pada aplikasi BulkFileChanger.
Post a Comment (0)
Previous Post Next Post