Menggunakan MSICUU2 untuk memperbaiki Gagal Proses Uninstall

Setiap pengguna perangkat komputer yang ingin mengembangkan pengetahuannya secara akademik maupun secara otodidak, kadang harus bereksperimen dengan program-program baru. Namun saat ini program yang ditawarkan kadang memiliki syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi sebelum melakukan instalasi atas program tersebut. Seperti system windows yang harus mendukung Microsoft.NET Framework versi terbaru atau perlunya program quick time maupun audio codec. Dan disaat system telah mendukung system windows tersebut, terdapat kendala lain. Dimana jika kita ingin menguninstall program yang telah terinstall di dalamnya, program tersebut tidak sepenuhnya dapat di uninstall secara sempurna. Hal ini disebabkan karena program tersebut berjalan di awal saat perangkat komputer menjalankan system, atau sering dikatakan program berjalan di belakang system windows anda. Sehingga kita harus melakukan end task process.

Setelah kita melakukan proses end task, sebenarnya file-file pendukung yang terdapat dalam system windows masih ada di dalamnya. Oleh karena itu untuk dapat menyempurnakan proses uninstall tersebut, biasanya program tersebut memiliki tools untuk dapat membersihkannya yang dikenal dengan nama removal. Seperti program antivirus McAfee, Antivir, Kaspersky, Photoshop maka system akan tetap menyimpan file-file dari program tersebut. Hal ini dapat dilihat dengan terpasangnya plugin di dalam browser anda.

Oleh karena itu, jika anda gagal dalam proses uninstall atau anda tidak memiliki program removalnya. Maka anda dapat memanfaatkan program yang bernama "MSICUU2", yaitu Microsoft's Windows Installer CleanUp Utility. Program ini memiliki kapasitas dibawah 1 MB, yang berfungsi untuk membersihkan proses uninstall yang gagal atau tidak sempurna dalam proses uninstall program.
Untuk melakukan proses install program ini, ada beberapa yang perlu diperhatikan saat anda menginstallnya dimana jika pada komputer anda memiliki program SMADAV, maka lakukan end task terlebih dahulu program SMADAV anda. Karena SMADAV akan menganggap program ini mengandung macro, sehingga proses install tidak dapat dilakukan. Setelah anda melakukan proses end task, Install MSICUU2 ini sebagai administrator agar dapat melakukan proses instalasi.

Sebagai contoh kelebihan dari program ini adalah dapat dilihat pada gambar berikut, dimana pada add and remove program control panel tidak ditemukan program dengan tanda tanya (????), sedangkan pada Windows Installer Clean Up terdeteksi adanya program tersebut.
Hal ini biasanya karena program tersebut telah terinstall di komputer dimana bukan salah satu vendor yang dikenal oleh system windows.

Namun disini dalam hal penggunaannya sebaiknya digunakan secara bijak, dalam arti jika system anda tetap berjalan dengan normal dan tidak adanya proses yang lambat, sebaiknya diabaikan. Jadi dengan demikian gunakan program ini jika proses uninstall anda gagal dan anda tidak menemukan kembali program uninstallernya. Demikian tips dari saya jika anda mengalami kegagalan dalam melakukan proses uninstall program.
Post a Comment (0)
Previous Post Next Post