Mengatasi port USB yang Tidak Terbaca

Saat ini setiap perangkat baik itu smartphone, camera digital, video recorder telah didukung dengan usb atau port HDMI agar dapat mempermudah dalam memindahkan file. Namun dengan semakin banyaknya perangkat yang terhubung ke port usb, maka semakin besar kemungkinan disaat kita menghubungkan perangkat baru, tidak akan terbaca.
Mengapa? karena system akan menyimpan histori dan alamat interface tersebut kedalam regedit. Apalagi saat kita memutuskan hubungan ke usb tidak dilakukan dengan benar (langsung cabut). Untuk mengatasi yang menyebabkan usb tidak terbaca atau terdeteksi maka anda dapat menggunakan program USBDeview.

Software ini bersifat gratis, dan berfungsi untuk memutuskan sambungan yang tidak dapat dilakukan secara prosedur system windows. Disamping itu akan melakukan refresh history alamat IO yang tersimpan di dalam registry. Sehingga saat perangkat usb dihubungkan ke komputer, maka komputer akan membaca, mendeteksi kembali, dan mencari driver yang sesuai dengan perangkat tersebut.

Cara menggunakan USBDeview :

1. Jalankan program sebagai administrator jika anda menggunakan windows 10.

2. Pada tampilan program terdapat kolom Device Type terdapat kolom Device Type
Kolom inilah yang mengidentifikasi perangkat apa saja yang pernah terhubung ke port USB komputer anda.

3. Klik kanan mouse anda, lalu anda dapat memilih Disconnect Selected Devices atau Uninstall Selected Device. Saya selalu menggunakan Uninstall Selected Device, jika perangkat yang pernah saya hubungkan tersebut bukanlah milik saya (misalkan flash disk atau removable storage).

4. Setelah anda melakukan Uninstall Selected Devices maka perangkat tersebut akan hilang dari daftar USBDeview, sehingga secara otomatis akan hilang juga dari registry windows anda. Hal ini dapat dibuktikan jika anda menghubungkan kembali perangkat tersebut, maka system akan mencari driver dari perangkat usb tersebut.

Setelah kita mengetahui bagaimana penyelesaian masalah usb yang tidak terbaca, alangkah baiknya juga kita mengetahui kiat-kiat apa yang dapat kita lakukan agar terhindar dari masalah tersebut.

Menjaga port USB tetap terdeteksi
1. Jika komputer anda memiliki lebih dari satu port usb, gunakan salah satu usb sebagai port yang hanya terhubung ke 2 perangkat penting saja. Seperti camera digital, modem atau smartphone.

2.Jangan mencabut perangkat USB secara langsung tanpa melalui proses yang benar. Kalaupun memang tidak dapat dilakukan eject removable device, maka shutdown komputer anda.

3. Bersihkan port USB dengan cotton bud yang kecil pada bagian port USB komputer anda.

Jika memang cara diatas tidak bisa menjadikan solusi bagi anda, anda dapat membeli usb paralel untuk dihubungkan ke USB yang masih berjalan secara normal. Dengan cara ini mungkin bisa membantu anda.
Post a Comment (0)
Previous Post Next Post