Mencetak dokumen menjadi pdf dengan doppdf

Saat ini telah banyak program komputer yang telah mendukung format pdf. Mulai dengan cara menyimpan file ke pdf secara online atau secara offline. Namun dalam membuat file pdf ini tergantung dari program bawaan itu sendiri. Karena tidak semuanya dapat menghasilkan file pdf sesuai dengan yang diinginkan.

Jika tipe program tersebut adalah graphic, editor, atau presentasi mungkin akan sesuai saat anda menyimpan file tersebut ke dalam format pdf. Namun jika file yang anda buat adalah dalam format excel maka saat anda menyimpan ke dalam format pdf, maka tabel yang tercetak tidak akan sempurna. Biasanya tabel akan terpotong, walaupun telah diatur print areanya.

Dengan kondisi inilah, anda dapat menggunakan bantuan software doppdf untuk membuat file pdf. Program doppdf ini akan menghasilkan file pdf dengan sesuai yang kita harapkan. Karena program ini bekerja layaknya sebuah printer dengan kemampuan untuk mengatur hasilnya sesuai dengan format ukuran kertas baik letter, A4, atau F4 (8.5 x 13 inch). Dan hasil dari format pdf ini dapat diatur juga ukuran kapasitasnya. Jadi dengan software ini membuat hasil cetak file excel akan sempurna. Sedangkan software bawaan microsoft print pdf sendiri tidak didukung dengan ukuran F4 tetapi ukuran legal. Dimana ukuran kertas di Indonesia tidak memiliki ukuran legal (8.5 x 14 inch).

Sehingga jika anda memilih menggunakan microsoft print pdf, maka saat anda akan mencetaknya harus mengaktifkan sesuai format yang ada (legal). Namun jika file tersebut mempunyai footer maka akan terpotong hasilnya. Dari uraian diatas, keputusannya terserah anda, mana yang akan anda gunakan.
Previous Post Next Post