Mencari File Duplikat Dengan Cara Cepat

Bagi pengguna komputer yang sering melakukan copy paste ke folder / direktori lain, tanpa disadari akan terdapat dua file diantara folder tersebut. Hal ini terjadi bagi mereka yang melakukan suatu edit file baik dalam bentuk gambar, dokumen atau mereka yang memindahkan data musik ke dalam folder lain dengan tujuan awalnya sebagai membackup data. Dan kondisi ini biasanya mereka tidak menghapus file-file tersebut, dikarenakan kondisi waktu.

Akhirnya tanpa disadari kapasitas harddiskpun berkurang dengan adanya file-file dengan nama yang sama namun isinya berbeda.

Jika anda mengalami hal ini dan ingin mencari file dengan nama yang sama, sebenarnya anda dapat memanfaatkan fasilitas search pada windows explorer anda. Tetapi cara ini hanya dapat dilakukan untuk suatu nama tertentu saja, dan tidak mencari seluruh nama file. Hal ini akan memerlukan waktu yang cukup lama, karena anda harus memasukan nama file satu persatu kedalam kotak pencarian windows explorer.

Program untuk mencari file duplikat dengan cara cepat, anda dapat menggunakan Fast Duplicate File Finder.
Adapun kelebihan program ini :
1. Memiliki kapasitas yang tidak lebih dari 2 MB

2. Dapat menyimpan historis pencarian jika suatu saat anda memerlukannya kembali yang disimpan dengan nama project sesuai yang anda inginkan.

3. Anda dapat mencari file dengan nama yang sama di dalam suatu Drive atau folder.

4. Jika ditemukan dua atau lebih nama file yang sama, file-file tersebut akan ditampilkan secara berurutan atau anda dapat mensortirnya berdasarkan nama file, folder, kapasitas, dan tanggal dari nama-nama file tersebut.

5. Secara otomatis program akan memberikan tanda checklist pada salah satu atau lebih pada nama file yang sama tersebut. Misalkan terdapat tiga nama file yang sama, maka dua file akan di checklist oleh program tersebut secara otomatis. Dari kondisi ini anda dapat langsung menghapus atau memindahkan file-file tersebut.

6. Jika file yang anda cari memiliki jumlah yang banyak misalkan ribuan dan saat melakukan pencarian tersebut tidak mungkin anda tunggu, maka anda dapt menggunakan bantuan / fitur setelah melakukan pencarian :
a. Menyimpan project dan logoff
b. Menyimpan project dan stanby
c. Menyimpan project dan hibernate
d. Menyimpan project dan shutdown

Jadi dengan demikian menurut saya program ini sangat membantu dan mempermudah jika anda adalah seseorang yang sering melakukan backup data, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.

2 Comments

Post a Comment
Previous Post Next Post