Lupa Password Outlook Express dan Thunderbird

Jika anda yang menggunakan program email yang berbasis system windows dan ternyata tidak ingat password dari email yang anda miliki, sebaiknya jangan terburu-buru untuk melakukan reset password. Karena sebenarnya anda masih bisa menemukan password yang tersimpan pada konfigurasi atau file regedit dari windows. Dimana file regedit ini akan menyimpan seluruh setting, lisensi atau aktivasi dari program yang terinstall di system windows anda.

Permasalahannya adalah apakah kita mengetahui penempatan atau isi dari file regedit itu sendiri. Sedangkan di dalam file regedit tersebut terlalu banyak kode atau istilah untuk dipahami, seperti informasi berisi hex, bin character, value dan path dari aplikasi atau program windows yang terinstall.


Cara mengetahui Lupa password email yang terinstall di komputer

yang pernah tersimpan pada program email, anda dapat menggunakan bantuan software yang bernama Mail PassView. Program ini sangat ringan karena hanya memiliki 3 file di dalamnya.

Program Mail PassView dipergunakan untuk:

1. Outlook Express (program email yang pernah populer di masa sebelum dikeluarkannya Windows 7)
2. Microsoft Outlook 2000 (khusus akun POP3 dan SMTP)
3. Microsoft Outlook 2002/2003/2007/2010/2013/2016 (Akun POP3, IMAP, HTTP dan SMTP)
4. Windows Mail
5. Windows Live Mail
6. IncrediMail
7. Eudora
8. Netscape 6.x/7.x
9. Mozilla Thunderbird
10. Yahoo Messenger
11. Hotmail / MSN messenger
12. Google desktop / Gtalk (telah diganti menjadi Google Hangout)

Untuk dapat menggunakannya anda harus mengetahui profil email yang terinstall atau terpasang pada program email anda. Karena saat Mail Passview anda jalankan, akan langsung membaca setting profile.

Namun jika anda telah merubah setting profile program email, maka anda harus melakukan perubahan seting default folder dari program mail passview, dengan cara masuk ke menu File lalu select folder (F6). Karena saya menggunakan Mozilla Thinderbird dan telah memindahkannya ke drive lain maka saya cukup memindahkan default profile ke drive lain. Sedangkan jika anda tidak memindahkan profile email, maka akan secara otomatis akan terluhat daftar email yang terinstall. Adapun informasi yang ditampilkan yaitu : nama email, password dan termasuk setting server dari email tersebut apakah menggunakan POP3, IMAP atau SMTP.

Setelah anda mengetahui password, maka anda dapat melakukan perubahan pada server email jika diperlukan. Misalnya akan melakukan auto forward ke email yang lain.
Post a Comment (0)
Previous Post Next Post